WIJIMULYO NYAWIJI  

PELAKSANA TEKNIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA TAHUN ANGGARAN 2019

Administrator | 01 Agustus 2019 12:03:07 | Peraturan Desa | 125 Kali

KEPALA DESA WIJIMULYO

KABUPATEN KULON PROGO 

KEPUTUSAN KEPALA DESA WIJIMULYO

NOMOR 01 TAHUN 2019

T E N T A N G

PELAKSANA TEKNIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

TAHUN ANGGARAN 2019 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA 

KEPALA DESA WIJIMULYO

Menimbang :      bahwa sesuai dengan ketentuan Pasal 4 Peraturan Desa Wijimulyo Nomor 06 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2019, agar dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2019 dapat berjalan dengan tertib, terarah, terkendali dan dapat dipertanggungjawabkan, maka perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa Wijimulyo tentang Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2019;

 

Mengingat  :      1.     Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Daerah Istimewa Jogjakarta yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 18 Tahun 1951;

  1. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara tahun Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495);
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 9 Tahun 2015;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1950 tentang Penetapan Mulai Berlakunya Undang-Undang 1950 Nomor 12, 13, 14, dan 15 dari Hal Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten di Djawa Timur/Tengah/Barat dan Daerah Istimewa Jogjakarta;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 213, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 168, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5558);
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang  Peraturan di Desa;
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang  Pemilihan Kepala Desa;
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang  Pengelolaan Keuangan Desa;
  9. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang  Pembangunan Desa;
  10. Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 6 Tahun 2017 tentang Badan Permusyawatan Desa (Lembaran daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2007 Nomor 2 Seri );
  11. Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa (Lembaran daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015 Nomor 1 );
  12. Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 2 Tahun 2015 tentang Kepala Desa (Lembaran daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015 Nomor 2 );
  13. Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 3 Tahun 2015 tentang Perangkat Desa (Lembaran daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015 Nomor 3 );
  14. Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 4 Tahun 2015 tentang Keuangan Desa (Lembaran daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015 Nomor 4 );
  15. Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa;
  16. Peraturan Bupati Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pedoman Penggunaan, Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Setiap Desa Tahun Anggaran 2016;
  17. Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2015 tentang Pengelolaan dan Administrasi Keuangan Desa;
  18. Peraturan Bupati Nomor 84 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Bagi Hasil Pajak, Bagi Hasil Retribusi dan Alokasi Dana Desa;
  19. Peraturan Desa Wijimulyo Nomor 4 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Wijimulyo;
  20. Peraturan Desa Wijimulyo Nomor 9 Tahun 2017 tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2017;
  21. Peraturan Desa Wijimulyo Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Kekayaan Desa Tahun Anggaran 2017;
  22. Peraturan Desa Wijimulyo Nomor 6 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan :    

KESATU       :     Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa, terdiri dari:

  1. Sekretaris Desa selaku Koordinator Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa;
  2. Kepala Seksi dan Kepala Urusan selaku Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa;
  3. Bendahara Desa.

KEDUA         :     Tugas Sekretaris Desa selaku Koordinator Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa:

  1. menyusun dan melaksanakan Kebijakan Pengelolaan APB Desa;
  2. menyusun Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa, perubahan APB Desa dan pertanggung jawaban pelaksanaan APB Desa;
  3. melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APB Desa;
  4. Melakukan verifikasi terhadap pengajuan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APB Desa oleh Tim Pelaksana/Pengelola Desa;
  5. menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APB Desa; dan
  6. melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APB Desa.

KETIGA        :     Tugas Kepala Seksi dan Kepala Urusan selaku Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa:

  1. membantu tugas Sekretaris Desa selaku Koordinator Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa;
  2. menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya;
  3. menyiapkan dokumen anggaran atas beban pengeluaran pelaksanaan kegiatan;
  4. melaksanakan kegiatan dan/atau bersama Lembaga Kemasyarakatan Desa yang telah ditetapkan di dalam APB Desa;
  5. melakukan tindakan pengeluaran yang menyebabkan atas beban anggaran belanja kegiatan;
  6. mengendalikan pelaksanaan kegiatan; dan
  7. melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Desa.

KEEMPAT     :     Kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing urusan dan seksi untuk pelaksanaan APB Desa Tahun Anggaran 2019 sebagai berikut:

  1. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Urusan Umum Aparatur dan Aset, meliputi:
  2. Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa;
  3. Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa;
  4. Pemeliharaan Gedung Pemerintah Desa;
  5. Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Gedung/Prasarana Kantor Desa;
  6. Pelayanan administrasi umum dan kependudukan;
  7. Pengelolaan Administrasi dan Kearsipan;
  8. Pengelolaan Perpustakaan Milik Desa;
  9. Pengembangan Sisitim Informasi Desa;
  10. Pengisian Tenaga Honorer;
  11. Penyelenggaraan Informasi Publik Desa;
  12. Peningkatan Kapasitas Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Badan Pemusyawaratan Desa;
  13. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Urusan Perencanaan dan Keuangan, meliputi:
  14. Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Desa/Pembahasan APBDes;
  15. Penyelenggaraan Musyawarah Desa Lainnya;
  16. Penyusunan Dokumen Perencanaan Desa/ RKPDes;
  17. Penyusunan Dokumen Keuangan Desa;
  18. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pemerintahan, meliputi:
  19. Penyusunan Laporan Kepala Desa/ Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Kegiatan Penyusunan Produk Hukum Desa;
  20. Kegiatan Penyusunan Profil /Monografi Desa;
  21. Monitoring dan Evaluasi Pemerintah Desa dan Pembangunan Desa;
  22. Penyusunan Kebijakan Desa;
  23. Penyelesaian Permasalahan Pertanahan;
  24. Penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan/ketertiban oleh Pemerintah Desa (Satlinmas Desa);
  25. Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan (LPMD);
  26. Pelatihan/Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan;
  27. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan meliputi:
  28. Penyelenggaran Lomba antar Kewilayahan dan pengiriman kontingen dalam mengikuti Lomba Desa;
  29. Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Desa;
  30. Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan/Pengerasan Jalan Usaha Tani;
  31. Pembangunan, Pemeliharaan dan Perbaikan Prasarana Jalan Desa;
  32. Penyusunan Dokumen Rencana Detail Bangunan;
  33. Pembangunan, Pemeliharaan, Lapangan;
  34. Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sambungan Air Bersih ke Rumah Tangga (pipanisasi);
  35. Partisipasi Bulan Bakti Gotong Royong;
  36. Pembangunan, Perbaikan Saluran Irigasi Desa;
  37. Pemeliharaan dan Perbaikan Kios/Pasar Desa;
  38. Pelatihan Usaha Pertanian;
  39. Pelatihan Pengelolaan BUM Desa;
  40. Pembentukan/Fasilitasi/Pelatihan/Pendampingan kelompok usaha ekonomi produktif;
  41. Penguatan Modal BUMDes;
  42. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Kemasyarakatan, meliputi:
  43. Penyelenggaraan PAUD dan TK;\
  44. Penyelenggaraan Posyandu;
  45. Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan;
  46. Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan;
  47. Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni;
  48. Pembangunan Jamban bagi Keluarga Miskin;
  49. Pengiriman Grub Kesenian dan Kebudayaan sebagai Wakil Desa;
  50. Penyelenggaraan Festival Kesenian, Adat/Kebudayaan dan Keagamaan;
  51. Pelatihan/Penyuluhan dan Pembinaan Keagamaan;
  52. Pengembangan dan Pembiaan Kehidupan Sosial Keagamaan;
  53. Pengiriman Kontingen Kepemudaan dan Olah Raga sebagai wakil Desa;
  54. Penyelenggaran Festival/Lomba Kepemudaan dan Olahraga Tingkat Desa;
  55. Penanggulangan Bencana, Keadaaan Darurat dan Mendesak Desa;

 

 

KELIMA        :       Bendahara Desa ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa tersendiri.

KEENAM      :       Keputusan Kepala Desa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

Ditetapkan di Wijimulyo

pada tanggal 7 Januari 2018

KEPALA DESA WIJIMULYO

 

 SRI TRIMANINGSIH, SE

 

 

1.    Camat Nanggulan di Nanggulan;

2.    BPD Wijimulyo di Wijimulyo;

3.    Yang bersangkutan;

4.    Arsip.

Untuk diketahui dan atau dipergunakan seperlunya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : wijimulyo nanggulan progo
Kalurahan : WIJIMULYO
Kapanewon : NANGGULAN
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55671
Telepon :
Email : desakuwiji@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung